Definition List

Friday 21 April 2023

Electrowining

Electrowinning , juga disebut electroextraction , adalah elektrodeposisi logam dari bijihnya yang telah dimasukkan ke dalam larutan melalui proses yang biasa disebut sebagai pelindian . Electrorefining menggunakan proses serupa untuk menghilangkan kotoran dari logam. Kedua proses menggunakan elektroplating dalam skala besar dan merupakan teknik penting untuk pemurnian logam non-ferrous yang ekonomis dan mudah . Logam yang dihasilkan dikatakan electrowon .


Dalam electrowinning, arus listrik dialirkan dari anoda inert (oksidasi, terbuat dari timbal (Pb)) melalui larutan pelindian yang mengandung ion logam terlarut sehingga logam tersebut diperoleh kembali saat disimpan dalam proses pelapisan listrik ke katoda ( reduksi, baja tahan karat , aluminium (Al), titanium (Ti)). Dalam electrorefining, anoda terdiri dari logam murni (misalnya tembaga ) untuk dimurnikan. Anoda logam yang tidak murni dioksidasi dan logam larut ke dalam larutan. Ion logam bermigrasi melalui elektrolit asam menuju katoda dimana logam murni disimpan. [1]Pengotor padat tak larut yang mengendap di bawah anoda seringkali mengandung unsur langka yang berharga seperti emas , perak , dan selenium .




Sejarah
Electrowinning adalah proses elektrolit industri tertua . Kimiawan Inggris Humphry Davy memperoleh logam natrium dalam bentuk unsur untuk pertama kalinya pada tahun 1807 melalui elektrolisis natrium hidroksida cair .


Elektrorefining tembaga pertama kali didemonstrasikan secara eksperimental oleh Maximilian, Adipati Leuchtenberg pada tahun 1847. [2]

James Elkington mematenkan proses komersial pada tahun 1865 dan membuka pabrik pertama yang berhasil di Pembrey , Wales pada tahun 1870. [3] Pabrik komersial pertama di Amerika Serikat adalah Perusahaan Pemurnian dan Peleburan Balbach and Sons di Newark, New Jersey pada tahun 1883.

0 comments:

Post a Comment

trimakasih sudah berpartisipasi