Definition List

Thursday 11 September 2014

Sample Peta PTPN X (Andi Widodo.SP)

Hari ini cerah dan cenderung panas, di saat lagi utak atik robot ea di pair UJ. Datang teman untuk ajak ke rumah sahabat lama yang lama gak ketemu. jadilah sambung silahturahmi, ngobrol di selingi canda gurau, gak lupa di suguhi es cendol plus gorengan hhhmmm... yumy...dan kebetulan si empu rumah mengutarakan tentang pemetaan.... hhhmmm......
Andi Widodo SP

Gak begitu lama muncullah permasalahan antara data Garmin yang tidak match dengan basemap google earth...!! (langsung loading), diambilah file mentah extensi gdb.
Ane cek dulu datanya, pakai GPS bulet kemungkinan Garmin 76 csx. karena katanya gak pakai antena, karena ane tunjukkin garmin 60 csx






akhirnya ane sedot datanya..... pling..... data masih dlam bentuk gdb, artinya cuma dibuka di mapsource (mapsource lama / baru). penasaran juga. sebelumnya sebuahalat (gps) sebagai alat ukur, bila alat tersebut sebuah inventaris dan banyak yang menggunakan, kita harus cek kondisi dan elevansi serta update data di situs garmin. untuk download mapsource (silahkan klik tautan untuk download) atau gps itu sendiri, gps bisa di register dan cek di garmin Indonesia.
balik lagi ke data, ada 50 data extensi gdb (garmin data base), yang isinya berupa luasan, tracking dan nama si empulahan.

hhhmm..... oke
akhirnya sore kita pamitan pulang.. sampai rumah penasaran juga, akhirnya .... sebelum mandi, ane coba deh, angkat file ke mapsource kemudian di rubah extensinya via globalmapper, 15 menit ane kerjakan.... pling munculah data......

ane cek satu lahan via data lindar rgb online

lumayan ada elevansi dikit
kemudian ane transfer ke google earth, bentuk point line dan lembar kerjanya


terdapat banyak line yang melipir, antara data lindar dan google earth lebih bagus data lindar untuk di pakai data view (bukan data teknis)
kemudian saya gunakan di archmap, disini menggunakan arcgis 9.3 feat arcblue bing map
ss peta kerja

peta dari bing lebih bagus dan mirip dengan data lindar
30 ane kerjakan sdah jadi peta kerja sederhana
30 menit juga pair UJ profit