Definition List

Wednesday 22 April 2015

DAS.... Daerah Aliran Sungai

Pengertian DAS
Daerah Aliran Sungai disingkat DAS ialah air yang mengalir pada suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air tersebut berasal dari air hujan yang jatuh dan terkumpul dalam sistem tersebut. Guna dari DAS adalah menerima, menyimpan, dan mengalirkan air hujan yang jatuh diatasnya melalui sungai.
Air Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah air yang mengalir pada suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi dimana air tersebut berasal dari air hujan yang jatuh dan terkumpul dalam sistem tersebut wikipedia

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah daerah yang di batasi punggung punggung gunung dimana air hujan yang jatuh pada daerah tersebut akan ditampung oleh punggung gunung tersebut dan akan dialirkan melalui sungai sungai kecil ke sungai utama.
Karena DAS dianggap sebagai suatu sistem, maka dalam pengembangannyapun, DAS harus diperlakukan sebagai suatu sistem. Dengan memperlakukan sebagai suatu sistem dan pengembangannya bertujuan untuk memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan, maka sasaran pengembangan DAS akan menciptaka ciri-ciri yang baik sebagai berikut :
1. Mampu memberikan produktivitas lahan yang tinggi. Setiap bidang lahan harus memberikan produktivitas yang cukup tinggi sehingga dapat mendukung kehidupan yang layak bagi petani yang mengusahakannnya.
2. Mampu mewujudkan, pemerataan produktivitas di seluruh DAS.
3. Dapat menjamin kelestarian sumberdaya air.

Berikut saya lampirkan shp DAS di Pulau Jawa, silahkan di download
smoga bermanfaat 

8 comments:

  1. maaf mas mau tanya, klo lembaga / instansi pembuat data shp das jawa ini darimana ya ?

    ReplyDelete
  2. maksudnya bakosurtanal bukan gan ?

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi kak mau nanya kalau peta jaringan sungai subDAS itu cara mendownloadnya bagaimana ya? ini saya Kunanti Eka dari Manajemen Hutan

    ReplyDelete
  4. untuk DAS dan Sub DAS Kalimantan Tengah ada gak Gan . . . !! Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. untuk wilayah lain data berupa file KML/KMZ, nnti apabila diperlukan sya upload dlam bentuk shp

    ReplyDelete
  6. Untuk wilayah sumatera barat ada gak ya pak.

    ReplyDelete

trimakasih sudah berpartisipasi